Wakca Media Sosial Karya Anak Bangsa

2 bulan yang lalu


Wakca adalah sebuah media sosial yang sejak awal didedikasikan untuk sebuah perubahan, secara umum konsep wakca  sebagai pembeda, adalah sebagai berikut :

1.       Wakca adalah salah satu platform komunikasi warga dalam kerangka ikhtiar mendukung upaya lahirnya Indonesia baru yang lebih baik. Di wakca diusahakan setiap warga dengan warga desa dan warga lainnya saling terkoneksi dengan baik. Pembangunan indonesia dapat disampaikan lewat wakca agar mendorong warga dapat saling berkolaborasi saling membantu misalnya dalam penanggulangan kemiskinan, gizi buruk, dan problem sosial lokal lainnya. 

 

2.       Secara teknis wakca mengambil model dari facebook (untuk tampilannya), twiter dengan konsep folow un follow.  Dengan pengambilan model ini diharapkan akan memudahkan user dalam menggunakan wakca.com karena sebagian warga sudah sangat sudah familiar dengan facebook.  Wakca juga mengambil inspirasi dari kumparan.com  yang meredefinisi media dengan memudahkan orang berpartisipasi, menu “create story” di kumparan.com diadaptasi juga dalam wakca.com sehingga akan sangat memudahkan user menggunakan memproduksi berita dan cerita.  Tema sangat bebas baik tema kesehatan, tema desa, tema sosial lokal, tema politik, dan tema apapun yang layak di share.

 

3.       Identitas Akun user wakca sudah didesain sejak awal secara sangat sengaja agar  berbeda dengan akun facebook, twiter dan lainnya karena di wakca. User harus mengisi (memilih) desa/kelurahan tempat tinggal yang sifatnya wajib dipilih.  Kita sudah input data desa dan kelurahan seluruh Indonesia, namun itu artinya untuk sementara wakca.com hanya bisa digunakan oleh WNI yang mempunyai data desa tempat tinggal yang dipilih, nampak seperti membatasi tetapi memang demikian adanya wakca adalah untuk Indonesia sampai dengan matang.

 

4.       Di Wakca.com setiap user dapat kita identifikasi tempat tinggalnya sampai pada tinggkat desa sehingga memberikan informasi sangat akurat mengenai  untuk kepentingan:

 ·         Kebijakan pemerintah dalam pembinaan kepala wilayah dan pembangunan

·         Bisnis, untuk segmentasi pelanggan

·         Politik, untuk mapping konstituen dan kampanye

·         Good governance, untuk melihat desa-desa mana saja yang tidak banyak aduan warga

·         Wakca juga dapat dilinkan dengan aplikasi lapor, aplikasi e desa, aplikasi e kecamatan dan e kabupaten (smart city). E desa bisa dicustom otomatis ke desanya masing-masing, demikian juga e kecamatan, dan e kabupaten tidak akan tertukar karena sistem akan mengidentifikasi tempat tinggal mereka. Bukankah itu sangat membantu?

 

5.       Wakca 100 persen karya anak negeri, tentu akan sangat berpihak pada kepentingan nasional, media sosial lokal adalah aset negeri dimana data user dikelola oleh anak negeri sendiri.  Kemandirian dalam media sosial saat ini sudah sangat penting dan bahkan sudah darurat, kalau tidak didukung maka kita akan senantiasa tergantung pada media sosial luar negeri dan menyediakan data-data strategis secara gratis kepada pihak luar, untuk kepentingan bisnis kita dan kepentingan bisnis mereka yang lebih besar.

 

6.     Sebagai produk hasil karya anak negeri, develover wakca bekomitmen untuk mendengarkan berbagai masukan, saran, dan idea idea pengembangan Indonesia baru, dan akan dengan sangat mudah meng-custom  aplikasi medsos ini yang relevan dan terintegrasi degnan  kepentingan bersama.  Kepentingan tersebut misalnya dalam pengembangan e society, civil society, learning society, less cash societey atau bahkan cultural & social movement melalui berbagai fitur kreatif yang nanti akan dikembangkan.

 

7.    Wakca didesain untuk merekatkan kembali hubungan antar warga (terutama tetangga dekat) yang selama ini banyak tersekat oleh kesibukan masing-masing. Di wakca update status warga akan otomatis diketahui oleh warga lain di desa yang sama dan sifatnya mirip otomatis follow, tidak bisa di-unfollow, kecuali akun user pindah alamat.  Artinya event hajat di desa, event kerjabakti, event pengembangan taman desa, olahraga posyandu dapat dikoordinasi cukup dengan update di wakca, maka seluruh pengguna dalam satu desa otomatis tahu. Demikian juga dengan pengajian, berita duka kematian, syukuran naik haji, atau syukuran pernikahan cukup update di wakca.com sehingga semua orang di desa tahu

  

Kemudahan wakca untuk mendukung pelaku bisnis beriklan di wakca, baik itu perusahaan atau korporasi.  Wakca akan dapat dikembangkan menjadi  media iklan  bisnis lokal. Pengunjung yang membaca iklan dengan mudah dapat kita tentukan apakah hanya satu  kecamatan, satu desa atau bahkan se provinsi dan se nasional.  Bagi wakca hal ini mudah karena id seluruh user sudah jelas tempat tinggalnya.

 

9.       Grouping akun user berdasarkan kesamaan desa, kecamatan dan kabupaten di profilnya secara otomatis di wakca sangat bermanfaat.  Grouping ini dapat diarahkan untuk terlibat dalam penyusunan dan pengembanganfitur profil wilayah baik profil desa profil kecamatan profil kabupaten dan provinsi dalam perspektif warganet.  Kita dapat sedikan fitur profil wilayah dan juga tanggapan warga terhadap wilayahnya masing-masing.  Wakca dengan demikian dapat menjadi salah satu tools untuk memoderasi kolaborasi warganet per desa, per kecamatan, per kabupaten dan per provinsi  dalam merumuskan dan menyelesaikan masalah-masalah lokal dan regional.

 

10.   Good governance adalah keniscayaan masa depan, dan wakca.com dapat menjadi pintu masuk untuk menampung partisipasi publik secar online untuk mendorong percepatan good governance dalam konteks desa, konteks kecamatan, kabupaten, provinsi dan juga pusat.  Wakca akan jadi pintu masuk untuk kampanye good governance dimana desa desa dan kecamatan yang sudah menerapkan good governance kita dorong terus untuk mempengaruhi yang lainnya. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan penanbahan rating baru pada setiap desa, kecamatan, dan kapaten yang dilakukan warga.  Dan desa dengan rating tinggi akan kita dorong agar eksis dan mempengaruhi desa dan warga desa lainnya.

 

Wakca di desain bukan sekedar bisnis tetapi nilai untuk mengembangkan Indonesia baru dengan basis-basis partisipasi, moderasi perubahan, dan kolaborasi antar sesama anak bangsa yang peduli pada kehidupan dan perubahan.  Fitur-fitur sangat terbuka dikembangkan dan dikolaborasikan, kita bersedia untuk berkomuniasi dengan aneka platform teknologi yang saling membantu saling menguatkan.

3 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.