Gampong Sapik Menuju Aceh 1

2 bulan yang lalu

ALHAMDULILLAH, GAMPONG SAPIK KECAMATAN KLUET TIMUR, KEREN DI LOMBA DESA!!!

Selama berbulan-bulan aparatur Gampong Sapik Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan bekerja keras siang dan malam. Adakalanya pulang larut malam saat orang lain sudah tidur, dan pagi-pagi hari sekali sudah datang ke kantor Gampong sementara pihak lain masih santai di kedai kopi.  Aparatur bekerja siang malam membenahi administrasi desa, agar menjadi yang terbaik, bukan saja di level kabupaten tapi ke level yang lebih tinggi

 

Setiap hari nampak wajah penuh semangat  walau terlihat lelah, Tantangan menjadi yang terbaik membutuhkan kerja keras yang tak mudah:  dibutuhkan kesabaran, kekuatan mental, dan visi besar agar seluruh tugas, kerja dapat dikerjakan dengan benar dan penuh semangat.

 

Pepatah mengatakan bahwa  “hasil tidak akan pernah menghianati proses”  demikian kiranya yang pas diungkapkan pada kerja keras saling bantu, antar aparat dengan arahan dari Dinas PembeRdayaan Masyarakat Gampong Kabupaten Aceh Selatan yang menuai hasil manis.   Kerja kolektf dengan kontiribusi maksimal  Aparatur Kecamatan dan Para pendamping gampong juga menjadi istimewa karena dapat dibanggakan bersama.   Penilaian administratif sudah juara I se Provinsi NAD tinggal penilaian lebih komprehensif setelah kunjungan lapangan dari Juri Tingkat Provinsi.

 

Tibalah waktu yang ditunggu, hari jumat tanggal 11 Mei 2018 para juri dari Provinsi NAD mengunjungi desa Sapik untuk melihat kondisi obyektif gampong ini.  Masyarakat dan aparatur gampong sangat antusias menyambut juri, sekaligus menjadi event kebersamaan warga, bahwa lomba desa itu telah membuat kebersamaan lebih erat, kerja lebih keras, inovasi lebih tinggi, dan suasana desa lebih meriah.

 

LOMBA GAMPONG DI SAPIK, SPIRIT DARI GAMPONG PAHLAWAN!!!!

 

Jumat tanggal 11 Mei 2018 merupakan hari yang tidak biasa di Gampong Sapik, di setiap penjuru gampong nampak telah berbenah  lebih bersih  dan lebih tertata untuk menyambut  tamu dari provinsi. Inilah hari penilaian desa pada lomba desa tingkat provinsi dimana Desa Sapik Kecamatan Kluet Timur Aceh Selatan menjadi salah satu kandidat juaranya.

Karpet merah, para penyambut berpakaian adat aceh yang “mewah dan meriah” menjadikan moment itu menjadi semarak, selain itu tersedia panggung hiburan bernuansa islam yang membuat kegiatan ini bukan saja menjadi event penilaian gampong tetapi menjadi event kebersamaan dan keramahtamahan warga Sapik.  Antusiasme warga dalam menyambut moment ini sangat mengharukan.

Bagi warga dan aparatur, moment ini menjadi salah satu bukti  kebersamaan, dan kecintaan warga terhadap Gampongnya. Gampong yang sudah menyejarah sejak jaman Belanda telah berkembang spirit warganya, sebagai pekerja keras, tidak mudah menyerah dan berorientasi prestasi. Tentu ini membanggakan dan layak dialamatkan pada Gampong Sapik sebagai salah satu daerah di Aceh yang kental dengan sejarah kepahlawanan dalam melawan Belanda.

Ada banyak yang menjadi insprasi dari  Gamping Sapik, selain tatakelola pemerintahan yang baik ditandai dengan administasi yang baik, ada beberapa point penting lain yang menadikan Desa ini layak menjadi juara, diantaranya adalah:

1.      BUMDES yang sudah maju selama berpuluh tahun,

2.      Profuktivitas warga yang tinggi,

3.      Pengelolaan keuangan yang transparan,

4.      Inovasi BUMG yang cukup baik, diantaranya dengan penambahan unit usaha serta kontribusi BUMG untuk pembiayaan mesjid dan dhuafa

5.      Kelembagaan kelompok tani ibu-ibu

6.      PKK  yang cukup aktif

7.      Kepemimpinan Keuchik yang baik dalam mengelola Gampong

 

Masih ada beberapa potensi dan prestasi dari Gampong para pahlawan ini,  tentu bukan sekedar menjadi juara yang penting untuk dikejar, tetapi membangun spirit, kebersamaan partisipasi, dan harapan warga menjadi penting untuk terus diperjuangkan.

0 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.